Blog

Hidup Sehat Tanpa Nasi

BEKATUL (RICE BRAN)

BEKATUL merupakan kulit ari beras yang halus dan bercampur dengan dedak. Untuk mendapatkan bekatul memang harus dipisahkan dahulu dari dedak atau disaring/diayak/diblower.

MANFAAT bekatul sangat luar biasa , terutama kandungan VIT B/ vit B 15 dan juga serat yang tinggi, sayangnya orang banyak yang tidak menyukai karena rasa dan baunya . dan kita lebih cendrung memakan produk impor, padahal bekatul jauh lebih bermanfaat.

BEKATUL masih asing ditelinga orang INDONESIA, dan beranggapan makanan ternak yang terbuang percuma. Padahal yang merupakan pakan ternak adalah dedak, yang kasar, sedangkan bekattul bentuknya lebih halus.

MUNGKIN perlu disosialisasikan atau iklan di TV seperti halnya iklan produk lain sehingga masyarakat lebih tahu apa itu bekatul .

Antioksidan Indonesia

Fungsi sistem imun adalah pertahanan. Intinya menangkal bahan berbahaya agar tubuh tidak sakit. Sistem imun itu terbentuk dari antioksidan yang secara alami sudah terdapat dalam tubuh. Namun jumlah sistem terkikis seiring gempuran bahan kimia dan penyakit.

Pegagan salah satu antioksidan yang mampu menetralisir oksidan-oksidan dipermukaan kulit, juga membantu kelancaran sirkulasi oksigen dan nutrisi serta melindungi kerusakn sel-sel otak.

jahe merah mengandung antioksidan berupa 6 ginngerol dan 6 -shogaol. Konsumsi rutin teh jahe msrah memberikan efek jangka panjang seperti meringankan sinusitis dan asma.

Dunia Herbal

Indonesia sohor sebagai negara megabiodiversitas lantaran tingginya kekayaan alam. Keaneka ragaman hayati Indonesia dengan 30.000 spesies tumbuhan no 2. setelah Brasil. Dari jumlah itu 940 spesies diantaranya merupakan tumbuhan berkhasiat obat. Sayang masih sedikit yang sudah dimanfaatkan. Baru 180 spesies yang dimanfaatkan industri jamu nasional . Selebihnya merupakan potensi pasar obat herbal dan fitofarmaka.

Anak ADHD/hiperaktif

Pengalaman Sukses Mengurus Anak ADHD

Saya mempunyai 3 orang anak . Anak pertama berumur 11,5 th, yang kedua 10 thn dan yang ke tiga 5,5 th. Anak pertama bernama Zacky sekarang kelas 6SD Al AzHAR 15 Pamulang. Sewaktu kecil Zacky sangat rewel, sering sakit hampir tiap minggu ke dokter. Daya tahan tubuh sangat kurang, sering asma. Umur 2 thn belum bisa bicara, anaknya tidak pernah diam lari-lari terus dan sering bermain yang berbahaya. Waktu itu aku dirujuk ke Klinik tumbuh kembang anak RS.CIPTO
Dari hasil diagnosa dokter ternyata anakku divonis hiperaktif.

Anakku harus diterapi dan butuh waktu lama. Kemudian saya mencari tempat terapi yang dekat dari rumah yaitu di cilandak (YAMET) disana kita dirujuk untuk konsultasi ke Dr. Melly Budiman, Spkj. Beliau khusus menangani anak-anak yang bermasalah. Untuk konsultasi dengan dokter Melly saya harus menunggu 3 bulan karena pasiennya sangat banyak seluruh Indonesia.

Cintai Obat Tradisional Indonesia

Sekarang ini badan POM lagi gencar-gencarnya razia obat herbal lokal karena mengandung bahan kimia. Semua barang yang disita dipublikasikan dengan gencar dimedia masa efek samping yang ditimbulkannya, sehingga obat herbal yang benar-benar bagus jadi kena imbas. Sangat disayangkan sekali Badan POM hanya gencar mempublikasikan obat-obat yang terlarang, sedangkan obat herbal yang
benar-benar bagus tidak/jarang dipublikasikan dimedia masa, sehingga masyarakat kita menjadi ketakutan untuk mengkonsumsinya, padahal tidak semuanya jelek, masih banyak yang baik sehingga berdampak pada penjualan /omset menjadi menurun.

Tetap Sehat Tanpa Makan Nasi

Pada majalah INFO OBAT saya membaca artikel Dr. Tan Shot Yen mengenai hidup sehat tanpa nasi. Beliau adalah pemerhati gizi dan praktisi kedokteran. Artikel ini sangat menarik untuk dipelajari dan dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari, cukup murah dan kita tidak perlu banyak mengkonsumsi suplemen, apalagi saat ini penyakit sangat banyak dan sangat banyak pula suplemen yang ditawarkan dipasaran sehingga membingungkan konsumen.

Madu aman dikonsumsi oleh penderita diabetes

Madu adalah makanantambahan yang digunakan sebagai pemanis makanan dan minuman. Madu mengandung karbohidrat monosakarida dalam bentuk fruktosa dan glukosa. Monosakarida ini dapat dikonversikan menjadi energi dalam bentuk glikogen oleh tubuh. Pengubahan ini tidak membutuhkan hormon insulin, hormon yang kurang pada penderita diabetes melitus. Karena itu madu aman dikonsumsi oleh penderita diabetes dan penderita diabetes tetap dapat memperoleh energi bagi tubuhnya. Hal ini diungkapkan oleh Prof. dr. H. Aznan Lelo, Ph.D.,SpFk, pakar farmakologi dari Universitas Sumatera Utara, dalam seminar kesehatan High-Desert.

Harmoni, media komunikasi .

Halaman