Sehat bersama Rosella

Tanaman rosella dikenal sebagai tanaman bunga yang mengandung berbagai khasiat.
Penelitian khasiat rosella pada hewan percobaan ;

1. Pemberian rosella pada tikus dengan dosis 200mg/kg berat badan secara signifikan meningkatkan fungsi liver.
2. Pada kelinci yang diberi makanan dengan kolesterol tinggi, terjadinya arterosklerosis dapat dihambat dengan pemberian ekstrak rosela.
3. Pemberian ekstrak rosella dengan dosis 250 mg/hari/kg berat badan tikus menunjukkan adanya penurunan tekanan darah.
 
Khasiat rosella tidak terlepas dari komposisi kimia dalam kelopak bunga rosella.
 
Komposisi kimia bunga ;
1. asam sitrat dan malat 13%
2. antosianin 2%
3. vitamin c14%/100 gr
4. betakaroten 285 mg/100gr
5. serat 2,5%
 
Berdasarkan pengalaman dari beberapa konsumen yang sering beli rosella kepada saya menceritakan ;
 
1. Bapak Aziz, berumur 62 th di pekan baru . beliau rutin minum rosella selama 6 bulan ternyata gula darahnya menjadi normal, badan lebih segar Beliau minum minum 4 kali sehari masing-masing 1 gelas.
 
2. Orang tua pembantu saya juga minum rosella, hasilnya tekanan darahnya turun dan pusing kepala juga hilang.
 
3. Anak-anak saya yang masih SD dan TK juga rutin minum rosella sehingga daya tahan tubuhnya lebih kuat tidak gampang sakit. Kalau badan anak panas, batuk pilek perbanyak minum rosella dicampur dengan madu, sehingga kita meminimalisasikan pemakaian antibiotik kimia dari dokter.
 
Kami sekeluarga hampir tiap hari minum rosella dicampur madu untuk daya tahan tubuh apalagi dibulan puasa cuaca panas sangat membantu sekali. Saya punya pengalaman, sewaktu saya memperkenalkan rosella kepada konsumen banyak yang tidak tertarik, mereka mengatakan rasanya kecut sekali. Bahkan tiap konsumen yang sering beli madu saya kasih rosella satu bungkus kecil secara gratis. Ternyata tidak pernah dikonsumsi. Setelah mereka melihat acara Trans TV yang dibawakan oleh Rudi Choirudin konsumen saya ingat rosella yang belum diminum tersebut. Kemudian dia minum sampai rosella tersebut habis. Dia merasakan badannya lebih segar, beliau menelpon saya untuk beli lagi agar badannya sehat.
 
Kebanyakan orang kita masih mengidolakan produk kesehatan buatan luar negeri lebih manjur sehingga produk lokal masih dianggap murahan, tidak bermanfaat, padahal obat-obatan alami kita banyak sekali yang sangat bagus dari produk impor. Mengenai rosella sangat bermanfaat, murah harganya, dan bisa dibuat untuk minuman yang segar pengganti sirup. Untuk yang tidak tahan dengan rasa asam bisa memakai rosela unggu . Rosella ungu rasa asamnya lebih rendah dari rosella merah atau bisa dicampur dengan madu sebagai pengganti gula.
 
 
SELAMAT MENCOBA.